Arti Bahagia?


 Apasih arti kebahagiaan itu? Kebahagiaan bisa diartikan sebuah hal yang bisa bikin lu seneng. Kayak misal lu suka makan steak. Jadi, ketika lu makan steak lu bahagia. Pokoknya, bahagia adalah hal hal yang bisa bikin lu seneng entah dari jiwa maupun raga. 


Tapi terkadang bahagia ga tergantung dengan apa yang kita sukai atau senangi. Terkadang kebahagiaan bisa datang tiba tiba. Kayak misal lu terhindar dari kecelakaan. Atau, lu bisa nyelesain ujian tanpa nyontek dan lu dapet hasil yang maksimal. Bahagia tergantung sebab juga. Apa penyebabnya lu bisa bahagia? Soalnya gw lulus sekolah dengan hasil yang memuaskan. Soalnya gw bisa dapet kerjaan yang gajinya diatas UMK, dsb.


Bahagia atau enggaknya juga kita sendiri yang atur porsinya. Kalo lu keseringan liat postingan orang atau story orang yang jelas jelas beda dari kehidupan lu, sama aja lu ngasih standar porsi bahagia lu itu kayak mereka. Misal nih, Lu liat story temen lu yang pake iPhone 11 Pro. Lu liat dan lu mendefinisikan "Coba aja gw punya iPhone kayak dia, pasti gw bisa bahagia". Atau hal hal lain lagi yang lu liat dari temen lu. Contoh, Temen lu ngestory lagi nongkrong di Starbucks trus story lainnya lagi ngefoto tiket Suzume no Tojimari. Trus lu juga bilang "Duh pengen juga. Andai gaji gw gede, pasti gw bisa bahagia". 

*Ya iyalah, gaji gede yakali ga bahagia.


Menurut gw, lu bisa ngeporsi kebahagiaan lu sesuai standar lu aja. Jangan ngikutin standar orang lain yang beda dari diri lu. Lu turunin standar bahagia lu. Tapi, lu naikin standar kesedihan lu. Gw kasih contoh lagi. Turunin porsi kebahagiaan contohnya gini. "Gw bahagia misal gw diajakin main bareng (mabar) sama temen gw. Ntah Valorant, ML atau Game game lain" atau se-sepele "Gw masih dikasih idup trus bisa ngelakuin segala aktifitas aja udah bahagia". Naikin standar kesedihan lu misalnya "Kost-an gw bayar mahal tapi minim fasilitas, tapi gapapa lah masih ada tempat tinggal. Soalnya masih banyak juga orang yang mungkin gapunya tempat tinggal" atau "Syukur masih punya tubuh yang sehat dan badan yang lengkap. Soalnya diluaran sana masih banyak orang yang sakit gabisa jalan bahkan sampe kehilangan beberapa bagian tubuhnya/disabilitas"





Semuanya balik lagi ke personal masing masing. Kalo lu belum nemuin kebahagiaan lu, berarti standar bahagia lu masih tinggi. Dan ketika diri lu dilanda sedih mulu, berarti standar kesedihan lu masih rendah. Pikirin hal yang baik dan memberi manfaat buat lu, bukan mikirin hal yang nambahin lu buat overthinking bahkan sampe insecure. Semua orang punya standarnya bahagia dan sedihnya masing masing. Tapi standar itu bisa kita atur sesuai kemauan kita.

~Madd



Komentar

Postingan Populer